Mari bergabung.....
silahkan Daftar agar bisa Login

setelah login chek pada e-mail anda untuk vertivikasi code

yuk saling berbagi,.....



 
IndeksGalleryAnggotaPendaftaranLogin
December 2017
MonTueWedThuFriSatSun
    123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
CalendarCalendar
Latest topics
» kenalan ya rekan semuanya
3/9/2014, 08:22 by jhello

» Gabung Sini yeah
3/9/2011, 12:33 by Pejuang tech

» Cantik Menggairahkan Sekaligus Menakutkan !!!
1/24/2011, 17:27 by Amdcell

» pada kemana
1/12/2011, 03:32 by Pejuang tech

» Jangan Teledor...
1/11/2011, 23:43 by Mr.miskin

» Hutan tropis Indonesia
1/11/2011, 23:42 by Mr.miskin

» Toge 2 Ton
1/11/2011, 23:40 by Mr.miskin

» mulussss abissss
1/9/2011, 00:41 by Mr Dolphin

» muka kalem gini nih yg ganas di kasur.............
1/9/2011, 00:37 by Mr Dolphin

» Muantaplah Pokoknya ................
1/7/2011, 19:19 by kampret-man

» Salam kenal
1/5/2011, 19:49 by Mr Dolphin

» harga Box Flasher Termurah...
1/2/2011, 10:55 by imis dakom


Share | 
 

 Becak Tercepat di Dunia

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Mr Dolphin
ADMIN
ADMIN



PostSubyek: Becak Tercepat di Dunia   12/20/2010, 22:01

Inilah becak tercepat di dunia! Sepeda motor merek Birmingham Small Arm
(BSA) adalah kendaraan perang pabrikan Inggris buatan tahun 1940 hingga
1960-an. Ukuran mesinnya bervariasi dari 150cc hingga 500cc. Namun yang
paling banyak digunakan adalah yang 250cc dan 500cc. Nah tuh,
kebayangkan kekuatan mesinnya?
Di Siantar(*), jumlahnya masih cukup
banyak, sekitar seribu unit. Sebagian besar sudah dimodifikasi menjadi
becak sehingga penampilannya gak sangar lagi. Hanya sebagian kecil yang
dikoleksi para kolektor.
Secara umum, motor BSA masuk ke Indonesia
pada masa peralihan tentara Jepang ke tentara Sekutu (Belanda-Inggris).
BSA kemudian menyebar ke daerah-daerah jajahan Belanda, termasuk ke
Siantar. Tapi tak banyak yang mengetahui jika masuknya motor BSA dalam
jumlah besar ke Siantar justru bukan dibawa oleh tentara Belanda.

“BSA
adalah sisa-sisa perang dunia kedua. Belanda yang membawanya ke sini.
Tapi walau sebelumnya sudah ada motor BSA dalam jumlah kecil di Siantar,
masyarakat Siantar sendiri yang berperan besar membawa BSA masuk ke
kota berhawa sejuk ini,” kata Erizal Ginting, Ketua BSA Owners
Motorcycle Siantar (BOM’S). Masa sih?

Ketika penjajah minggat
dari Indonesia, motor-motor BSA kehilangan tuannya. Tak ada sparepart
dan teknisi yang mumpuni di Indonesia. Nasib Motor BSA pun berakhir
tragis. Ada yang ‘tergolek’ di gudang atau yang terdampar di jalanan.
Motor BSA jadi barang rongsokan. Adalah Mbah Lanang (67 tahun), sesepuh
BOM’S yang mengawali cerita ini semua.

Menurut Mbah Lanang, tahun
1958, ia dan rekan-rekannya berburu BSA hingga ke pulau Jawa: Surabaya
dan Jakarta. Kedua provinsi ini adalah sarangnya motor BSA. Lalu motor
BSA diangkut dengan "Almarhum" Kapal Tampomas II dalam jumlah besar.
Kemudian sekitar tahun 1960-an, Mbah Lanang dan rekan-rekannya
memodifikasi motor BSA untuk dibuat sebagai becak. Sejak itulah awalnya
Kota Siantar dikenal sebagai ‘Kota berBecak BSA’.

“Saya
mengetahui sejarah masuknya BSA ke Siantar. Mbah Lanang menjadi salah
seorang saksi sejarah yang mendatangkan BSA ke Siantar ini,” ujar Erizal
Ginting yang juga seorang budayawan Siantar.

Sejarah BSA di Kota
Siantar pun dimulai. Ketiadaan sparepart dan teknisi mulai bisa
dipecahkan agar nasib motor BSA tidak tragis seperti di Surabaya dan
Jakarta. Dengan kerja keras, orang-orang Siantar menciptakan sendiri
sparepart BSA yang tak mungkin didatangkan bahkan dari tempat kenderaan
ini dibuat (Birmingham,Inggris). Orang-orang Siantar pun, terutama
pemilik motor BSA, mulai belajar membedah mesin BSA.

Mereka sudah
bisa menciptakan sendiri onderdil untuk motor BSA. Ada beberapa
pabrik-pabrik mini yang mampu memproduksi spare part motor BSA di
Siantar. Mulai dari karburator, hingga pelek. Dengan sedikit
kreatifitas, disulaplah karburator Kawasaki BINTER menjadi karburator
BSA. Juga, jangan heran melihat pelek dan blok mesin motor tua ini
kinclong bak motor keluaran tahun mutakhir. Becak BSA pun tetap tegar
menjelajahi jalanan di Kota Siantar. Suaranya hingar-bingar, terkadang
kalo lewat di depan rumah, siaran TV pun ikut bergetar.
Brum..brum...duk..duk...duk...brum pletak... (kok pletak?) Iya, kadang
knalpotnya mengeluarkan letupan seperti suara meriam bambu. terutama
untuk mesin yang berukuran 500cc. Apalagi terkadang abang-abang becak
ini suka iseng mengisi bahan bakar BSA nya dengan minyak tanah bukan
bensin. Biar murah! kata mereka. Hehehe, ada-ada saja.

Karena
suaranya ini pula, seorang rekan dari Medan menyebutnya HELICAK.
"Suaranya kaya' Helicopter tapi kok ternyata becak", selorohnya.

Goyangan
di kursi penumpangnya mantap karena dipasang per mobil di bawah
gandengan. Sehingga, menjadi penumpang di becak ini seakan naik
ayunan....geot...geot...naik turun, nyaman sekali.

Pada tahun
1980-an, ketika PSMS medan sedang jaya-jayanya di kompetisi Perserikatan
PSSI, banyak supporter dari Siantar berduyun-duyun ke Stadion Teladan
Medan naik Becak ini. Ini luar biasa, mengingat jarak Siantar-Medan
adalah 128 km. Ayo, becak mana yang mampu menempuh jarak sejauh itu?
Kalo becak di Jogja melakukannya, wah bisa gempor mengkayuhnya!
Hehehehe....

Mungkin, becak Siantar merupakan becak tercepat
didunia, bahkan mungkin tercanggih juga....500cc!! Bisa ikutan MotoGP
gak ya? jadi pengen ngebayangin Valentino Rossi pake BSA!! Bisa senewen
tujuh turunan dia!
[You must be registered and logged in to see this image.]
Kembali Ke Atas Go down
 

Becak Tercepat di Dunia

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: Forum :: Off Topik-
Free forum | © phpBB | Free forum support | Report an abuse | Free blog